zQd0KczfRwNH8sBvaRPRSeroVNUFGAG0PNFEGov0
Bookmark

Cara Menambahkan Script Auto Refresh Di Blogger

Cara Menambahkan Script Auto Refresh Di Blogger
Cara Menambahkan Script Auto Refresh Di Blogger

Script Auto Refresh pada blogger merupakan salah satu cara bagi para pemilik blog yang suka meng update artikelnya. Karena fitur Auto Refresh ini pembaca akan selalu mendapatkan informasi terbaru sesuai dengan artikel yang sedang dibaca.

Beberapa sumber percaya bahwa cara ini mampu menambah jumlah pengunjung pada blog, tapi sebenarnya ini hanya akan menaikkan jumlah tayangan yang muncul dalam menu statistik di Dashboard Blogger. Dan tidak benar - benar bisa menambah pengunjung pada blog kita, namun tidak ada salahnya memasang auto refresh blog.

Cara Menambahkan Script Auto Refresh di Blogger

Pertama, buka Blogger > Template > Klik edit HTML > Terapkan kode di bawah ini tepat sesudah / dibawah kode <head> atau sebelum / diatas kode </head> (pilih salah satu saja).


<meta content="600" http-equiv="refresh"/>
Kode 600 atau (10 menit) adalah keterangan waktu yang digunakan untuk memuat ulang halaman. Silahkan mengubah angka tersebut dengan menggunakan satuan detik.

Kemudian Simpan Template, Lalu lihat perubahannya.


Script Auto Refresh Menggunakan Javascript

Cara kedua adalah dengan menambahkan script Auto Refresh di Blogger dengan menggunakan Javascript. Untuk Javascript sendiri membutuhkan kode yang lebih panjang walaupun dengan fungsi yang sama. Keunggulan JavaScript sendiri adalah bisa dihosting sehingga tidak terlalu memberatkan blog. Untuk hosting, Anda bisa menggunakan GitHub.

Pertama, buka Blogger > Template > Klik edit HTML > Terapkan kode di bawah ini tepat sebelum kode atau tepat diatas kode </body>


<script>
var limit="10:00"
if (document.images){
  var parselimit=limit.split(":")
  parselimit=parselimit[0]*60+parselimit[1]*1}
  function beginrefresh(){
if (!document.images)
return
if (parselimit==1)
  window.location.reload()
else{ 
  parselimit-=1
  curmin=Math.floor(parselimit/60)
  cursec=parselimit%60
if (curmin!=0)
  curtime=curmin+" minutes and "+cursec+" seconds left until page refresh!"
else
  curtime=cursec+" seconds left until page refresh!"
  window.status=curtime
  setTimeout("beginrefresh()",1000)}}
  window.onload=beginrefresh
</script>
kode 10:00 atau (10 menit) adalah keterangan waktu yang digunakan untuk memuat ulang halaman.
Meta Tag JavaScript Waktu
30 0:30 30 detik
60 1:00 1 menit
300 5:00 5 menit
600 10:00 10 menit
1200 20:00 20 menit
1800 30:00 30 menit
2400 40:00 40 menit
3000 50:00 50 menit
3600 1:00:00 1 jam
36000 10:00:00 10 jam.
Tabel Meta Tag

Kemudian Simpan Template, Lalu lihat perubahannya.


Apakah Auto Refresh Aman Untuk Blog?

Mungkin ini adalah pertanyaan yang sering terlintas saat seseorang akan mencoba menggunakan auto refresh otomatis di blogger. Yaitu tentang aman atau tidaknya fitur ini. Kalau berbicara tentang aman atau tidak karena mungkin akan mempengaruhi performa situs seperti waktu loading, maka jawabannya tidak.

Apakah Auto Refresh berpengaruh terhadap Adsense?

Untuk masalah akun Google AdSense, saya tidak berani menyimpulkan terhadap script yang belum pernah saya gunakan sebelumnya. Namun berpacu pada fungsi yang ada, bisa saja akun akan dianggap mendatangkan pengunjung bot / spam. Dan dari anggapan tersebut, iklan pasti akan dibatasi dengan jenis pelanggaran trafik tidak valid.

Apakah Auto Refresh dapat meningkatkan jumlah pengunjung?

Tidak, auto refresh hanya akan meningkatkan jumlah tayangan atau page views yang tampil di halaman Statistik Dashboard Blogger.

Saran saya, atur waktu yang telah saya tandai di kedua kode agar tidak terlalu cepat dalam memuat ulang halaman. Hal tersebut perlu diperhatikan untuk menghindari adanya anggapan trafik buatan oleh mesin pencari. Walaupun dapat meningkatkan jumlah trafik secara signifikan, tapi sumber lalu lintas tersebut hanya berasal dari satu alamat IP.

Berikut adalah Cara Menambahkan Script Auto Refresh Di Blogger semoga bisa membantu dan jika ada yang perlu ditanyakan silahkan tanyakan dikolom komentar, Terimakasih.
Posting Komentar

Posting Komentar

Silakan berikan komentar. Centang kotak "Notify me" untuk mendapatkan notifikasi via email jika ada yang membalas komentar.