zQd0KczfRwNH8sBvaRPRSeroVNUFGAG0PNFEGov0
Bookmark

Mengatasi WiFi Laptop Mendadak Tidak Bisa Koneksi

Penyebab WiFi Laptop Tidak Bisa Koneksi
Mengatasi WiFi Laptop Mendadak Tidak Bisa Koneksi
Wireless Fidelity, atau lebih populernya Wi-Fi, menjadi salah satu hal penting bagi kehidupan digital. Bagi netizen, keberadaan WiFi seperti udara segar. Apalagi di tengah harga kuota internet yang terus melambung. Maka dari itu, banyak orang mengalami kelimpungan saat laptop mereka tidak dapat koneksi WiFi.

Penyebab WiFi Laptop Tidak Bisa Koneksi bukan hanya karena tidak adanya network. Faktanya, sering terjadi kondisi WiFi Laptop not connected meski disekitar ada banyak network tersedia. Lalu apa masalahnya?

Langkah Awal Mengatasi WiFi Laptop Mendadak Tidak Bisa Koneksi

Kita mungkin sering mengalami kondisi ini. WiFi laptop telah kita nyalakan, namun simbol network tetap menunjukkan silang merah. Padahal kita tahu, di sekitar kita ada network yang dapat diakses. Untuk mengatasi masalah ini, kita bisa melakukan hal berikut.

  • Klik simbol re-search di bar network yang sudah dibuka. Bentuknya dua panah yang saling bertolak belakang.
  • Jika masih tidak bisa, klik “Open Network and Sharing Center”. Lihat map network yang tersedia. Jika kamu bermaksud menggunakan network WiFi suatu area, pastikan map-mu berbasis Local Area Network (LAN).
  • Jika sudah dicek tapi WiFi tidak dapat connect juga, klik “Troubleshoot Problems” untuk mengetahui penyebab WiFi Laptop tidak bisa koneksi.

Masalah Umum Penyebab WiFi Laptop Tidak Bisa Koneksi

Usai meng-klik “Troubleshoot Problems”, kamu akan diminta menunggu sementara program mendiagnosa masalah. Setelah diagnosis keluar, kamu baru dapat mengetahui penyebab WiFi laptopmu tidak dapat connect. Biasanya, masalah-masalah yang muncul adalah sebagai berikut.

1. Mode Airplane On

Untuk pengguna Windows 8 atau generasi di atasnya, telah disediakan fitur mode penerbangan. Seperti di ponsel, mode penerbangan bertujuan menolak sinyal apapun terkoneksi dengan device ketika sedang mengudara. Saat mode penerbangan on, network apapun tidak akan bisa diakses.

2. Lupa Menghidupkan Tombol WiFi

Ini mungkin sering kamu alami. Jika kamu lupa menghidupkan tombol WiFi, maka tidak ada network yang bisa diakses. Hal tersebut dikarenakan mode search laptopmu tidak terbuka.

Untuk membukanya, kamu bisa mengklik tombol berlambangkan signal tower atau signal saja. Kombinasi kliknya bisa berbeda-beda tergantung jenis laptop. Untuk menghidupkan WiFi laptop, ada yang cukup menekan tombol WiFi. Ada yang perlu kombinasi klik fn + WiFi, atau ctrl + WiFi. Tapi biasanya, tombol WiFi terletak di sisi keyboard teratas. Jadi satu dengan tombol shortcut F2.

3. Salah Password WiFi

Saat semuanya sudah oke namun laptopmu tidak connect WiFi juga, coba cek network yang digunakan. Apakah network dalam status limited access? Jika ya, kamu pasti akan diminta memasukkan password tertentu untuk authoretication. Entah secara langsung atau via web. Jika kamu asal memasukkan password, maka kamu tetap tidak dapat akses internet. Meski sudah connect WiFi.

4. Access Point Tidak Menyala

Jika kamu menggunakan modem, pastikan semua lampu indikatornya menyala. Lampu indikator ini merupakan tanda untuk access point modem. Jika semua lampu indikatornya menyala, maka access pointnya tidak terkendala. Untuk kamu yang menggunakan WiFi hotspot, pastikan network yang digunakan benar-benar accessible. Seringkali terdapat network hotspot dengan sinyal BPS tinggi tapi tidak dapat connect internet.

5. Network Connection Salah Setting

Ini bisa terjadi jika kamu menyetting proxy laptop secara khusus. Akhirnya saat kamu menggunakan WiFi dengan setting proxy umum, kamu jadi tidak bisa connect. Supaya bisa connect kembali, kamu harus mengembalikan setting proxy seperti sedia kala.

6. Driver WiFi Belum Terinstal/Rusak

Ini merupakan penyebab WiFi laptop tidak bisa koneksi yang paling rumit. Saat tidak bisa connect WiFi, mungkin kamu perlu cek apakah laptopmu sudah punya driver WiFi atau belum.

Untuk mengeceknya, kamu bisa klik Open Network and Sharing Center -> Change Adapter Settings. Jika kamu sudah punya driver WiFi, biasanya akan tercantum 1 atau lebih built-in driver di sana. Jika tidak ada selain LAN, berarti kamu harus install driver WiFi.

Apabila kamu telah memiliki built-in driver namun tetap tidak connect, cek status drivermu. Driver WiFi yang sehat menunjukkan simbol sinyal hijau di layar. Jika di dalam simbol terdapat tanda silang, berarti drivermu butuh diperbaiki.

7. Salah Akses Network

Saat berkunjung ke WiFi hotspot, pernah menemukan network dengan username WiFi.id atau speedyinstan@WiFi.id? Di manapun, network tersebut tampak menggoda karena sinyalnya selalu full. Tapi jangan terkecoh, network ini tidak dapat digunakan akses internet.

Source : Arlina code
Berikut adalah Mengatasi WiFi Laptop Mendadak Tidak Bisa Koneksi semoga bisa membantu dan jika ada yang perlu ditanyakan silahkan tanyakan dikolom komentar, Terimakasih.
Posting Komentar

Posting Komentar

Silakan berikan komentar. Centang kotak "Notify me" untuk mendapatkan notifikasi via email jika ada yang membalas komentar.