zQd0KczfRwNH8sBvaRPRSeroVNUFGAG0PNFEGov0
Bookmark

Mengenal Template AMP Fungsi, Kelebihan dan kekurangannya

Apa Itu AMP? | Monkonomon
Apa Itu AMP? | Monkonomon

Google AMP (Accelerated Mobile Pages) adalah suatu teknologi yang diciptakan agar halaman suatu website lebih cepat terbuka di perangkat mobile. Namun, tak semua halaman bisa menggunakan AMP Google ini. AMP hanya bisa digunakan pada halaman yang berisi konten statis, seperti berita atau artikel saja. Jadi, AMP Google ini sangat cocok jika website Anda merupakan website berita atau website artikel.

Accelerated Mobile Pages (AMP) adalah proyek open source yang bertujuan untuk membuat web seluler yang lebih baik dengan menyediakan framework untuk membuat halaman konten yang dimuat dengan cepat secara konsisten. Halaman AMP rata-rata dimuat dalam waktu kurang dari 1 detik dari Google Penelusuran. Oleh karena itu, penayang dapat meningkatkan traffic dan waktu yang dihabiskan di halaman.
Apa Itu AMP? | Google

Bisa dikatakan, Google AMP ini mirip dengan Facebook Instant Articles. Perbedaan paling mencolok adalah platform yang digunakan. Facebook Instant Articles menggunakan platform Facebook, sedangkan Google AMP menggunakan mesin pencari Google.

Website yang sudah menggunakan AMP Google, akan diberi tanda petir di hasil pencarian Google di perangkat mobile. Google AMP ini bekerja dengan memanfaatkan tiga komponen, yakni AMP HTML, AMP JavaScript, dan AMP Cache. Ketiga komponen tersebut bekerja sama untuk mengoptimasi halaman website agar lebih cepat dibuka di perangkat mobile.

Ketiga komponen tersebut mematikan elemen-elemen website yang bisa memperlambat loading time halaman. Mulai dari animasi, push notifications, hingga plugin sekalipun. Selain itu, mereka juga menerapkan langkah mempercepat website secara otomatis. Seperti mengkompres inline CSS, sandboxing iFrame, dan masih banyak lainnya.

Hasilnya, tampilan halaman Google AMP terlihat sederhana dan minimalis. Efeknya, halaman tersebut menjadi ringan dan cepat untuk diakses oleh perangkat mobile. AMP Google mementingkan informasi bisa sampai ke pengunjung dengan cepat daripada tampilan yang sedap dipandang.

Kelebihan dan Kekurangan AMP

Walaupun bisa membuat halaman website dibuka secara instan, tetap ada beberapa kelebihan dan kekurangan dari Google AMP. Apa saja itu?

Kelebihan AMP

Berikut adalah kelebihan blog dengan menggunakan template AMP :

  1. Gratis
  2. Google AMP bisa digunakan siapa saja tanpa mengeluarkan biaya

  3. Mobile friendly
  4. AMP membuat website Anda bisa terbuka lebih cepat di perangkat mobile, bahkan dengan internet lambat sekalipun.

  5. Membantu SEO
  6. Loading yang cepat di perangkat mobile akan membantu SEO Anda

  7. Meningkatkan user experience
  8. Pengunjung mendapatkan apa yang mereka inginkan dengan cepat, sehingga membuat mereka puas.

  9. Otomatis mengoptimasi gambar
  10. AMP Google secara otomatis mengoptimasi berbagai elemen website Anda, termasuk gambar.

  11. Meringankan beban server
  12. karena data-data AMP Google akan disimpan di Google AMP Cache

Kekurangan AMP

Berikut adalah kekurangan blog dengan menggunakan template AMP :

  1. Tampilan minimalis
  2. Google AMP otomatis menonaktifkan elemen yang memperlambat website seperti plugin, tema, widget, dan lainnya sehingga tampilan konten Anda akan minimalis.

  3. Banyak plugin dan widget yang tak berfungsi di AMP

    Karena plugin dan widget bisa memperlambat load time, sehingga AMP Google menonaktifkannya.

  4. JavaScript yang diatur oleh pemilik website banyak yang tak berjalan di AMP
  5. JavaScript yang berpotensi memperlambat load time akan dinonaktifkan oleh Google AMP.

  6. Kemungkinan menghilangkan beberapa iklan di halaman tersebut
  7. Tidak semua iklan mendukung AMP Google.


Source : Niagahoster
Berikut adalah Apa Itu AMP? semoga bisa membantu dan jika ada yang perlu ditanyakan silahkan tanyakan dikolom komentar, Terimakasih.
Posting Komentar

Posting Komentar

Silakan berikan komentar. Centang kotak "Notify me" untuk mendapatkan notifikasi via email jika ada yang membalas komentar.