-->
zQd0KczfRwNH8sBvaRPRSeroVNUFGAG0PNFEGov0
Bookmark

Perangkat Keras Komputer Dan Fungsinya

Perangkat Keras Komputer Dan Fungsinya | Monkonomon
Perangkat Keras Komputer Dan Fungsinya | Monkonomon

C entral Processing Unit atau disingkat CPU merupakan perangkat keras komputer yang berfungsi untuk memproses atau mengelola data, perangkat komputer yang satu ini memiliki tugas yang cukup penting dalam sebuah sistem komputer. Banyak orang menyebutkan Central Processing Unit merupakan otak dari sebuah komputer yang dapat menjalankan program–program yang dijalankan komputer.

CPU atau Central Processing Unit adalah bagian terpenting dari sebuah komputer yang bertanggung jawab untuk menjalankan instruksi-instruksi yang diberikan kepada komputer. CPU merupakan otak dari komputer yang bertanggung jawab untuk mengolah data dan menjalankan program-program yang diperintahkan oleh pengguna.

Didalam CPU Sendiri ada beberapa komponen yang mendukung fungsi dan kinerja dari perangkat keras komputer yang satu ini :

  1. Perangkat Komputer Pemroses / Central Processing Unit
  2. Perangkat Komputer Input
  3. Perangkat Komputer Output
  4. Perangkat Komputer Penyimpan / Storage
Komponen Komputer | Monkonomon
Komponen Komputer | Monkonomon

Perangkat Komputer Pemroses / Central Processing Unit

  1. Processor
  2. Processor merupakan sebuah chip yang berfungsi untuk memproses data yang di inputkan pada komputer, komponen CPU ini sangat penting dan utama, jadi apabila processor mengalami masalah maka CPU tidak akan bisa digunakan.

    Pada dasarnya fungsi processor hanyalah alat yang digunakan untuk memproses data aritmatika. seperti, halnya sebuah kalkulator, dimana dia berfungsi hanya untuk mengolah data yang dia diterima melalui input atau masukan dan kemudian, dia akan menghasilkan output atau keluaran. setiap data yang masuk akan melawati processor, kemudian diolah didalamnya dan keluaran yang dihasilkan berupa data-data yang diinginkan oleh user. tidak seperti yang kita bayangkan sebelumnya, pada prinsipnya processor hanya mengenali bahasa mesin yakni bilangan 0 dan 1.

  3. Memori RAM
  4. Memori merupakan komponen CPU yang berfungsi untuk penyimpanan sementara data – data yang akan diproses. Apabila komputer dimatikan data – data yang disimpan dalam memori RAM akan hilang.

    RAM (Random access memory) merupakan perangkat elektronik yang ada di komputer dan berfungsi untuk menyimpan data sementara sebelum atau sesudah data diproses oleh Processor, penyimpanan tersebut sifatnya sementara, jadi apabila komputer dimatikan ruang penyimpanan pada RAM akan kosong dan begitu komputer dinyalakan RAM akan terisi kembali.

    Fungsi RAM sendiri adalah sebagai komponen yang membantu Processor untuk mempercepat proses pengolahan data, data yang akan diproses terlebih dahulu disimpan dalam RAM dan pada saat processor membutuhkan data tersebut baru RAM akan mengirim data tersebut untuk di proses dengan proses pengiriman yang sangat cepat. jadi apabila mempunyai kapasitas penyimpanan RAM yang besar maka komputer akan mampu memproses data lebih cepat juga.

  5. Motherboard
  6. Komponen CPU yang satu ini berfungsi sebagai papan sirkuit untuk menghubungkan komponen–komponen yang lainnya. Motherboard sendiri memiliki memori ROM yang berfungsi untuk menyimpan program–program utamanya.

    Motherboard bisa diartikan sebagai sebuah papan utama yang digunakan untuk meletakan dan menghubungkan komponent–komponent komputer. Misalnya, memori, processor, VGA, LAN Card dan lain–lain. Didalam Motherboard terdapat beberapa chip yang berfungsi untuk mengontrol lalu lintas data pada Motherboard itu sendiri.

    Motherboard memiliki bagian–bagian yang mendukung fungsi Motherboard itu sendiri, bagian–bagian tersebut dikelompokan menjadi dua yaitu bagian input dan output biasa disingkat I/O, yang kesemuanya berbentuk socket dan slot. beberapa contoh dari socket dan slot yang ada didalam Motherboard antara lain socket processor, slot memori, slot peripheral, konektor IDE, Port I/O dan lain – lain. Dari kesemuanya tersusun dalam sebuah papan yang disebut Motherboad ini.

  7. Power Supply
  8. Komponen CPU ini berfungsi mendistribusikan arus listrik ke beberapa komponent yang ada dalam CPU, jadi Power Supply sangat penting keberadaannya. Ada beberapa jenis Power Supply yang beredar di pasaran yaitu AT, ATX dan BTX.

  9. Heatsink / Kipas Pendingin
  10. Komponen CPU yang satu ini berfungsi untuk mendinginkan suhu processor dan juga komponen CPU yang lainnya, Biasanya Heatsink pada processor dipasang melakat pada processor itu sendiri, sementara untuk mendinginkan komponen CPU yang lain menggunakan Heatsink yang terpasang pada Casing CPU.

  11. Video Graphic Adapter
  12. Video Graphic Adapter atau disebut juga dengan VGA Card berfungsi untuk mengelola data grafis komputer yang nantinya ditampilkan pada perangkat komputer Monitor. Komponen yang satu ini memiliki sebuah chip processor tersendiri yang disebut dengan Graphic Processing Unit.

  13. Sound Card
  14. Sound Card berfungsi untuk mengelola data audio yang nantinya akan di keluarkan lewat perangkat keras komputer speaker. Sama seperti VGA Card, Sound Card juga memiliki Chip khusus di dalamnya. Komponen ini sebenarnya adalah pelengkap dari komponen – komponen yang ada pada CPU.

  15. LAN Card
  16. LAN Card merupakan perangkat yang berfungsi untuk menghubungkan sebuah komputer ke dalam sebuah jaringan, komponen ini memiliki jenis yang beragam, hal ini tergantung dari media transmisi yang digunakan. Ada yang menggunakan kabel atau media gelombang.


Perangkat Komputer Input

Fungsi perangkat komputer yang satu ini adalah memasukan data – data yang akan di proses dalam sebuah komputer, Ada bermacam – macam perangkat komputer yang tergolong dalam perangkat input diataranya adalah sebagai berikut.

  1. Keyboard
  2. Keyboard merupakan perangkat keras komputer yang berfungsi untuk media inputan yang berbentuk papan kunci. di dalam Keyboard sendiri terdapat deretan tombol huruf, angka, simbol dan tombol perintah yang lain. Jenis – jenis keyboard sendiri ada beberapa macam diatanya keyboard Alphabetik, keyboard Numeric, keyboard DVORAK, keyboard QWERTY, keyboard KLOCKENBERG dan keyboard Maltron.

  3. Mouse
  4. Mouse merupakan perangkat keras komputer input yang berfungsi sebagai media penggerak kursor pada komputer. perangkat keras komputer yang satu ini memiliki bentuk seperti tikus, itu sebabnya perangkat komputer ini dinamakan mouse.

  5. Microphone
  6. Microphone merupakan perangkat keras komputer yang berfungsi untuk memasukan data audio pada komputer, perangakat komputer yang satu ini kebanyakan digunakan untuk keperluan Multimedia.

  7. Scanner
  8. Scanner merupakan perangkat komputer yang berfungsi untuk memasukan data gambar pada komputer, perangkat ini memiliki prinsip kerja merubah bentuk hard file menjadi soft file.

  9. WebCam
  10. WebCam merupakan perangkat keras komputer yang berfungsi sebagai pengambil data foto maupun video dan dimasukan dalam komputer untuk di proses. ada banyak sekali model Webcam di pasaran dan yang membedakan disini adalah kualitas gambar atau video yang dihasilkan.

  11. Optical Drive
  12. Optical Drive merupakan perangkat komputer yang berfungsi untuk membaca dan menulis data dalam media CD / DVD. Perangkat komputer yang satu ini ada beberapa jenis yaitu CD ROM drive, CD RW drive, DVD ROM drive dan DVD RW drive.

  13. Modem
  14. Modem merupakan perangkat komputer yang berfungsi untuk menghubungkan komputer ke dalam jaringan, Untuk menghubungan komputer dengan modem komputer menggunakan LAN Card yang terpasang pada motherboard.


Perangkat Komputer Output

Fungsi perangkat keras komputer output yaitu menampilkan atau mengeluarkan hasil data yang sudah di proses oleh CPU. Perangkat komputer yang tergolong dalam perangkat output ada banyak sekali, diataranya adalah sebagai berikut :

  1. Monitor
  2. Monitor merupakan perangkat keras komputer yang masuk dalam perangkat output, Monitor berfungsi untuk menampilkan hasil data yang diolah oleh komputer dalam bentuk grafis digital. belakangan ini perkembangan monitor sendiri sangar tajam, dan di pasaran sendiri ada beberapa macam jenis monitor diataranya, Monitor CRT, Monitor LCD dan Monitor LED.

  3. Printer
  4. Printer merupakan perangkat keras komputer yang juga tergolong dalam perangkat output, Printer berfungsi untuk mencetak data yang sudah di proses oleh komputer kedalam media kertas. Beberapa jenis printer yang ada di pasaran antara lain, printer dot metrik, Printer Desk Jet, Ink Jet, dan juga Bubble Jet dan Printer Laser Jet.

  5. Speaker
  6. Speaker merupakan perangkat komputer output yang berfungsi untuk mengeluarkan data suara yang telah di proses oleh komputer. Untuk dapat dihubungkan dengan komputer, Speaker membutuhkan media khusus yang di sebut dengan Soud Card.


Perangkat Komputer Penyimpan / Storage

    Fungsi perangkat komputer yang satu ini adalah menyimpan data yang akan di proses dan juga setelah di proses oleh CPU. Beberapa perangkat komputer yang tergolong dalam media penyimpan antara lain :

  1. Hard Disk
  2. Hardisk merupakan sebuah komponen perangkat komputer yang berfungsi menyimpan sistem operasi, aplikasi dan juga data – data dokumen yang lain. sobat dapat membaca ulasan mengenai

  3. Flash Disk
  4. FlashDisk merupakankan perangkat komputer yang berguna untuk menyimpan data dari komputer, perangkat ini juga dapat disebut dengan USB Drive, Pocket Drive, Pen Drive atau Microdisk. Dipasaran ada banyak sekali jenis FlashDisk dengan berbagai macam kapasitas penyimpanan.

  5. SSD
  6. SSD adalah singkatan dari Solid-State Drive yang merupakan perangkat untuk menyimpan data pada laptop maupun komputer. Berbeda dengan HDD (Hard Disk Drive), SSD menyimpan data menggunakan memori non-volatile berbasis flash, sehingga pada SSD tidak ada komponen mekanis yang bergerak. Hal ini membuat SSD dapat bekerja dengan lebih cepat dan tidak cepat panas.

    Fungsi SSD pada laptop maupun komputer adalah sebagai media penyimpanan, pengelolaan, dan transfer data. Ketika kita melakukan pekerjaan yang membutuhkan transfer data besar, SSD berperan membuat pekerjaan tersebut berjalan lancar dan lebih cepat selesai. Saat bermain game pun, SSD juga berperan untuk membuat game yang dimainkan dapat berjalan mulus dan tidak lemot. Oleh karena itu, penggunaan SSD sangat cocok bagi kamu yang memiliki produktivitas tinggi.

  7. Disket
  8. Perangkat penyimpanan komputer yang satu ini mempunyai fungsi seperti layaknya Hard Disk akan tetapi terbatas sekali kapasitas penyimpanannya, jadi perangkat komputer yang satu ini mulai ditinggalkan.

    Itulah ulasan mengenai macam macam perangkat komputer dan juga dilengkapi dengan fungsi perangkat komputer tersebut, sebenarnya masih banyak perangkat komputer yang ada sekarang ini, akan tetapi perangkat komputer diatas adalah perangkat yang umum digunakan oleh banyak kalangan.

Berikut adalah Perangkat Keras Komputer Dan Fungsinya semoga bisa membantu dan jika ada yang perlu ditanyakan silahkan tanyakan dikolom komentar, Terimakasih.
Posting Komentar

Posting Komentar

Silakan berikan komentar. Centang kotak "Notify me" untuk mendapatkan notifikasi via email jika ada yang membalas komentar.